Saat Pimpin Apel Bersama Kesiapsiagaan Bencana Banjir, Dandim 1204 Sanggau Katakan Ini


FOTO : Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Affiansyah saat melaksanakan pemeriksaan personel dan materil saat apel bersama kesiapsiagaan di Makodim tersebut (Ist)

Pewarta : Abin

radarkalbar. com, SANGGAU – Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Affiansyah mengungkapkan banjir saat ini secara langsung berdampak pada aktivitas masyarakat, mengganggu roda perekonomian dan sejumlah aspek lainnya.

Untuk itu, sebagai aparat yang ada di wilayah harus peduli terhadap lingkungan. Dan harus mempunyai kesiapan serta selalu melatih kemampuan dalam penanggulangan banjir.

“Nah, jika sewaktu-wktu dibutuhkan dalam keadaan darurat, kita siap untuk digerakkan, apalagi pada saat seperti ini,” ujarnya dalam sambutan saat memimpin apel bersama kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana banjir di wilayah Kodim 1204/Sanggau, pada Senin (8/11/2021).

Apel bersama ini berlangsung di Lapangan Makodim 1204/Sanggau, yang terletak di Jalan Padi, Kelurahan Tanjung Kapuas, Kecamatan Kapuas.

Adapun yang menghadiri apel tersebut personel Kodim 1204/Sanggau, Kipan B Yonif 642/Kps, Polres Sanggau, Satpol PP Sanggau, Damkar Sanggau, BPBD Sanggau dan Dinkes Sanggau. Hadir juga Kasdim 1204/Sanggau Mayor Czi Budi Rahardi, Kasat Sabhara Polres Sanggau AKP Sri Mulyono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sanggau Rahmat Mulyadi, Kasi PelKes Primer dan Trad Ade Daniar, Seksi Yansus dan Keslat Dinkes Sanggau Slamet serta Danramil jajaran Kodim 1204/Sanggau serta unsur lainnya.

Dijelaskan, sesuai Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, tugas pokok TNI dalam tugas operasi militer selain perang salah satunya adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan serta membantu pencarian dan pertolongan (search and rescue).

“Tugas tersebut ini harus dilaksanakan dengan optimal, khususnya saat banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Sanggau. Kita ketahui secara umum Kalbar rawan terhadap bencana banjir. Karena itu, kita harus siap siaga serta mengarahkan prajurit yang ada untuk membantu kesiapan dalam menghadapi bencana banjir,ā€¯cetusnya.

Editor : Sutar


Like it? Share with your friends!