Saat Buka RAT KSP CUUK, Bupati Sekadau Sampaikan Pesan Ini


FOTO : Bupati Sekadau, Aron S.H saat memukul gong menandakan pembukaan RAT CUUK (doni)

SEKADAU – radarkalbar.com

KOPERASI Simpan Pinjam (KSP) Credit Union Usaha Kita (CUUK) melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2023, berlangsung di Wisma Golgota Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir, Kamis (7/3/2024).

Kegiatan RAT CUUK ini dibuka oleh Bupati Sekadau, Aron S.H dan dihadiri sejumlah pihak lainnya.

RAT CUUK ini mengusung tema “Terwujudnya layanan prima menuju CU yang bertumbuh, berkembang dan berkelanjutan”.

Bupati Sekadau, Aron, dalam sambutannya mengapresiasi pengurus, pengawas, manajemen, seluruh anggota CU Usaha Kita, yang melaksanakan RAT tersebut.

“Saya juga berpikir begini, bahwa CU atau koperasi itu dari anggota dan untuk anggota. Kedepan jika koperasinya banyak untung, alangkah baiknya dibagikan ke anggota. Karena sekali lagi bahwa CU ini punya kita bersama. Pemegang sahamnya kita jadi wajar jika anggota-anggotanya lebih sejahtera,” ungkap Aron.

Ia mencontohkan Pemkab Sekadau melalui dirinya sebagai pemegang saham di Bank Kalbar. Maka. Pemkab Sekadau mendapatkan suntikan dana yang cukup besar dalam satu tahun.

“Suntikan dari Bank Kalbar cukup besar. Uang itu kami masukkan di APBD, disepakati bersama DPRD Sekadau,”ucapnya.

Ia berpesan kepada pengurus, kredit macet usahakan diturunkan. Koperasi berjalan lancar jika kredit macet kecil.

“Dan uang kita ini diberikan kepada anggota. Seharusnya anggota juga rutin memberikan ke CU. Dan CU akan hancur apabila orang-orang didalamnya tidak komitmen. Saya berharap CU bisa maju dan berkembang, apalagi CUKK ini lahir di Kabupaten Sekadau,”paparnya.

Menurut Aron, ada sebanyak 203 koperasi di Kabupaten Sekadau, semua itu sehat dan melaksanakan RAT. Ini sangat membantu Pemkab Sekadau, dengan menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga pertumbuhan ekonomi besar, capai 5,10 persen.

“Semua itu berkat dukungan kita semua,”timpalnya.

Aron meminta kepada KSP ini, agar melakukan pemberdayaan terhadap kelompok petani. Jadi terutama petani sawit, agar mereka bisa mendapatkan pupuk murah, supaya usahanya berjalan lancar.

“Biarkan anggota yang berbisnis, CU cukup simpan pinjam. Kita konsen kepada konteks dari anggota untuk anggota,” ucapnya.

Sementara, ketua pelaksana, Yulius mengatakan RAT CUUK ini wajib dilaksanakan 1 kali setahun, sebanyak 477 anggota perwakilan hadir.

Hampir 34 tahun CUUK berdiri, anggota sudah 581.000 orang, memiliki aset sekitar Rp 8,05 triliun. CUUK ada 12 kantor cabang, yaitu KC Sekadau, KC Sungai Ayak, KC Balai Sepuak, KC Sungai Maboh, KC Sintang, KC Mukok, KC Sebetung, KC Pinoh, KC Merbang, KC Manis Raya, KC Lemetak, KC Senaning.

RAT Tahun Buku 2023 beragendakan penyampaian keuangan CUUK selama satu tahun dan penyampaian program tahun buku 2024.

Selanjutnya, Ketua Pengurus CUKK, Lukas mengatakan pihaknya sudah melaksanakan audit eksternal dari akuntan publik, hasilnya menggunakan pelaporan keuangan yang baru yaitu Standar Akuntansi Keuangan Entitas Privat (SAK EP) pengganti Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).

“Hasil kinerja pengurus cukup bagus, kita tidak mengalami SHU (sisa hasil usaha) minus, tidak pernah ada tanda (-) di angkanya, selalu (+),” ungkapnya.

Dari hasil audit oleh auditor independen, kategori untuk KSP ini menurut opini, wajar tanpa pengecualian (WTP).

Usai pembukaan RAT CUUK tersebut, Bupati Sekadau Aron S.H didampingi Camat Belitang Hilir, Evodius, General Manager KSP CUUK, Frokovius Frans dan rombongan meninjau Kantor KSP CU Usaha Kita yang berlokasi di jalan Trans Madya, Sungai Ayak Dua. (doni)


Like it? Share with your friends!