Warga Sintang Cukup Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19


POTO : Kurniawan (ist)

radarkalbar.com, SINTANG –
Warga Sintang cukup antusias untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Hal ini, terlihat dari banyaknya warga yang mengantri pada sejumlah tempat untuk mengikuti vaksinasi.

Satgas bidang komunikasi dan publikasi penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang, Kurniawan mengatakan, vaksinasi ini masih menghadapi narasi negatif dari pengaruh media sosial. Sebab, masih ada kecendrungan masyarakat takut karena adanya berbagai informasi yang belum tentu kebenarannya.

“Akhir-akhir ini ada tren membaik apalagi ada keterlibatan TNI dan Polri yang turut melakukan vaksinasi,” ungkapnya.

Ditambahkan, kekebalan kelompok itu harus tercapai minimal 70 persen, saat ini penerima vaksinasi sudah memasuki fase lansia dan umum.

“Kalau kita lihat kenapa di Eropa berlangsung pertandingan bola dengan menghadirkan penonton, karena herd imunitynya sudah tercapai, capaian imunisasi mereka sudah diatas 70 persen dan ini dinilai efektif,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr Harysinto Linoh mengatakan, vaksinasi di pedalaman Sintang menghadapi kondisi yang belum sepenuhnya dipahami.

“Banyak warga kita yang masih merasa takut, bahkan tenaga pendidik guru-guru di daerah banyak yang belum mengikuti vaksin,” katanya.

Ia menjamin untuk ketersediaan vaksin cukup, saat ini pun Dinas Kesehatan mulai melakukan vaksinasi untuk umum usia 18 hingga 60 tahun.

“ Capain vaksinasi masih kecil, untuk Lansia baru 10 persen, Layanan publik baru 30-40 persen tapi untuk nakes sudah hampir 100 persen,” jelasnya.

Sinto mengatakan, adanya masyarakat yang masih menolak vaksin perlu kerjasama institusi kesehatan membangun pemahaman masyarakat tentang vaksinasi.

Pewarta : Nduk Susi.


Like it? Share with your friends!