PGD ke – XIII Sekadau Resmi Ditutup, Aron : Dunia Boleh Berkembang, Adat Dayak Jangan Sampai Tenggelam

FOTO : Bupati Sekadau, Aron S.H saat bersalaman dengan Bujang Gawai Hosea Liusa Trie Setiawan, dan Dara Gawai Adela Yollanda [doni]

Doni – radarkalbar.com

SEKADAU – Pekan Gawai Dayak (PGD) ke – XIII Kabupaten Sekadau, Kalbar Tahun 2024 berlangsung di Rumah Betang Youth Center Sekadau, resmi ditutup pada Sabtu (27/7/2024) malam.

Hadir saat itu, Bupati Sekadau Aron S.H, unsur Forkopimda Sekadau, Raja Kusuma Negara Sekadau, Ketua DAD SEkadau, MABM, MABT, sejumlah anggota DPRD kabupaten Sekadau, para Kepala SKPD, serta pimpinan instansi dan mitra Pemkab Sekadau.

Momen PGD ke – XIII Sekadau ini, menobatkan Bujang dan Dara Gawai yakni Hosea Liusa Trie Setiawan dan Adela Yollanda.

Bupati Sekadau Aron, S.H mengucapkan terima kasih kepada sub suku Dayak Ntuka yang sukses menjadi tuan rumah PGD ke – XIII Tahun 2024.

“Atas nama Pemkab Sekadau, saya mengucapkan terima kasih kepada sub suku Dayak Ntuka, yang telah menampilkan adat budayanya. Dan sukses selaku tuan rumah penyelenggara,” ucapnya.

Selain itu, Ia juga mengucapkan hal serupa kepada unsur kepanitiaan, sponsor telah mendukung, serta masyarakat Kabupaten Sekadau.

Menurut Aron, ditengah kemajuan teknologi, dan dunia boleh berkembang. Namun adat Dayak jangan sampai tenggelam.

Untuk itu, Pemkab dan DAD Kabupaten Sekadau kedepannya, berusaha bagaimana memposisikan sub suku-sub suku Dayak di Kabupaten Sekadau agar bisa menampilkan ciri khas masing-masing tipa tahunnya pada momen PGD.

“Karena, tanpa dukungan tanpa kekompakan maka gawai Dayak tidak berjalan lancar. Agenda gawai Dayak tahun ini luar biasa,” ungkapnya.

Kedepannya kata Aron, gawai Dayak bisa jadi ajang pariwisata tingkat provinsi maupun nasional.

“Mimpi besar Kabupaten Sekadau bisa diraih dengan kebersamaan, juga dengan bersatu,” cetusnya.

“Tanpa kita kompak, tanpa kita bersatu, tidak mungkin Kabupaten Sekadau bisa maju. Dan tidak mungkin Kabupaten Sekadau sejahtera. Kemudian, dan tidak mungkin kabupaten Sekadau bermartabat,” tuturnya.

Sementara, Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Jeffray Raja Tugam juga mengucapkan terima kasih kepada pihak keamanan TNI/Polri, kepanitiaan, yang menjaga keamanan selama pergelaran PGD ke – XIII hingga berakhir sukses.

“Masyarakat Dayak, jangan terlena dengan gawai. Nah, sepulang dari sini kita kembali bekerja besok. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada TNI/Polri dan unsur panitia serta masyarakat yang telah mendukung kegiatan ini hingga sukses,” ungkapnya.

Diketahui, untuk PGD ke – XIV Tahun 2025 di Kabupaten Sekadau, yang menjadi tuan rumah yaitu sub suku Dayak Taman.