Reuni SMPN I Tayan Hilir Angkatan 1979 – 1980 Berlangsung Penuh Keakraban dan Semarak

FOTO : rangkaian reuni angkatan 1979 – 1980 SMP Negeri 1 Tayan Hilir [sery tayan]

Sery Tayan -radarkalbar.com

SANGGAU – Kendatipun dibawah rintik hujan. Namun, hal ini tak mengurangi pancaran kegembiraan di wajah para alumni SMP Negeri 01 Tayan Hilir, yang sedang menggelar reuni angkatan 1979 – 1980.

Momen ini, berlangsung di Halaman Depan Keraton Paku Negara Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Sabtu (24/8/2024) malam.

Maklum saja, para alumni SMP Negeri I Tayan Hilir ini, telah puluhan tahun tak bertemu.

Rangkaian reuni ini menjadi ajang nostalgia yang penuh kehangatan dan kebahagiaan bagi puluhan alumni yang hadir.

Istimewanya reuni ini, dihadiri Guru Bahasa Indonesia (semasa itu, red) Hj Urai Zahida S.Pd.

Tampak hadir saat itu, Plt Camat Tayan Hilir, H. Junaidi Basrah S.Pd, M.Si, perwakilan Koramil 1204-07 Serka Wan Edy P, Anggota DPRD Sanggau terpilih Saifin yang juga alumni SMPN I Tayan, serta para alumni SMP Negeri I Tayan Hilir dari berbagai angkatan.

Ketua Penyelenggara alumni SMP Negeri I Tayan Hilir, angkatan 1979 – 1980, Sunardi, S Ip, M Si mengatakan reuni ini merupakan ajang untuk saling menyapa kembali, bercerita tentang kisah diwaktu sekolah dan dimasa lampau.

Selain itu, Ia menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua alumni yang telah meluangkan waktu untuk hadir.

“Reuni ini bukan sekadar ajang bertemu kembali, tetapi juga kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat kembali ikatan persaudaraan yang pernah terjalin. Terima kasih kepada semua yang telah hadir dan membuat acara ini menjadi momen yang tak terlupakan,” ujarnya.

Pria yang merupakan Ketua KONI Kabupaten Sekadau ini mengucapkan terima kasih kepada Hj Zahida S. Pd merupakan Guru Bahasa Indonesia semasa itu, yang turut hadir dalam acara ini.

“Tak lupa kami atas nama alumni 1979-1980 SMP Negeri I Tayan Hilir mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Bu Hajjah Zahida dalam membimbing, sehingga bisa menjadi orang yang berguna. Dan para guru lainnya saat itu,” ujarnya,disambut dengan tepuk tangan para alumni lainnya.

Menurut pria yang dikenal dekat dengan berbagai kalangan ini, momen reuni akbar ini adalah ajang untuk saling menyapa kembali, bercerita tentang kisah di waktu masa sekolah yang lampau.

“Kami bisa menjadi seperti ini, karena berkat mereka guru-guru yang sudah membentuk karakter kita waktu sekolah dulu, hingga kami bisa menjadi seperti sekarang ini, ”ucapnya.

Para alumni, yang sebagian besar sudah tidak saling bertemu sejak kelulusan SMP tahun ajaran 1979-1980, terlihat antusias mengenang kembali masa-masa indah mereka di SMP Negeri I Tayan.

Suasana haru dan tawa menyelimuti ketika satu per satu dari mereka saling menyapa dan berbagi cerita tentang kehidupan mereka setelah puluhan tahun berlalu.

Selain berbagi cerita dan bernostalgia, para alumni juga mengingat serta ucapan doa khusus kepada para mantan guru.

“Dan semoga guru-guru yang masih ada agar diberikan kesehatan serta guru yang telah mendahului agar diampuni segala dosanya,” ucap Sunardi.

Salah satu momen yang paling dinantikan adalah sesi pengakuan dari Ketua Panitia Penyelenggara Sunardi S.Ip, M Si dan cerita lucu dari masa sekolah. Berbagai kenangan kocak dan kejadian menarik yang dulu terjadi di sekolah, membuat suasana semakin hangat dan penuh canda tawa.

Reuni pertama ini juga menjadi ajang bagi para alumni untuk saling berbagi informasi. Beberapa alumni yang kini telah sukses di berbagai profesi. Bahkan sudah purna tugas, turut membagikan pengalaman dan inspirasi kepada teman-teman seangkatannya.

Kesempatan itu, mantan guru Bahasa Indonesia SMP Negeri I Tayan Hilir, Hj Uray Zahida S.Pd mengucapkan rasa terima kasih atas kegiatan yang dilaksakan oleh para alumni.

Mudah-mudahan silaturahmi ini bisa melahirkan sebuah ikatan yang tak terputus. Tetap dikenang sepanjang masa.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Camat Tayan Hilir, H. Junaidi Basrah S.Pd, M. Pd mengatakan ada kenangan pada Tahun 1979-1980 karena ada perubahan dari Januari ke Desember. Jadi ditambah tahun pelajarannya ditambah 6 bulan.

“Jadi kenangan khusus. Jadi yang sekolah pada tahun ini, menjadi 1,5 tahun. Karena saya juga alumni SMP Negeri I Tayan Hilir,” ujarnya.

Acara reuni diakhiri dengan hiburan musik, para alumni berjoget dan bernyanyi dengan suka cita. Sebelum berpisah, para alumni berjanji untuk tetap menjaga komunikasi dan merencanakan pertemuan berikutnya agar tali silaturahmi tetap terjaga.