Pemerintah Berikan Potongan Harga Tol Bagi Pemudik

JAKARTA – RADARKALBAR.COM

PEMERINTAH akan memberikan potongan harga tol bagi para pemudik yang kembali ke DKI Jakarta.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebut potongan harga tol kepada pemudik dari seluruh titik kepulangan dari Pulau Jawa.

“Untuk ruas tol Cikampek-Jakarta sudah sepakat dengan Jasa Marga, akan kami berikan potongan sebesar 20 persen kepada pemudik yang kembali ke Jakarta pada tanggal 26-27 April,” ujarnya.

” Sedangkan untuk ruas tol Kalikangkung masih dalam tahap negosiasi dengan jasa pengelola jalan tol,” kata Muhadjir di Jakarta, Jumat.

Muhadjir menambahkan, pada Kamis (20/4/2023) ia sudah melaksanakan rapat koordinasi pada Kantor Jasa Raharja, hadir saat itu berbagai pihak.

“Salah satu poin penting yang dibahas adalah kemungkinan terjadi penumpukan (kemacetan) di Hari Selasa (25/4). Arus balik itu perkiraan angkanya mencapai 203.000 kendaraan,” jelasnya.

“Padahal kemampuan jalan tol hanya bisa mengakomodasi 175.000 kendaraan saja. Dan sehingga masih ada sekitar 40.000 kendaraan yang harus tertahan,” paparnya.

Dia pun mengimbau kepada para pemudik yang tidak terburu-buru untuk melaksanakan tugas atau beraktivitas kembali.Dan memperpanjang masa mudik pada kampung halaman,” timpalnya.

“Para pemudik bisa lebih memperpanjang masa mudiknya, jadi kalau tidak ada kepentingan di Jakarta,” cetusnya.

 Dan mungkin bisa lebih lama dulu pada kampung halaman, sambil rekreasi dan belanja oleh-oleh untuk dibawa ke Jakarta,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengimbau agar para pemudik balik ke tempat kerjanya. Dan usai Lebaran pada tanggal 26 hingga 29 April 2023 untuk menghindari kepadatan saat masa puncak. (*)