Wooooww….! Pasien Sembuh Covid-19 di Indonesia Lebihi Rata-rata Dunia

POTO : Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (siberindo).

radarkalbar.com, JAKARTA- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan, hingga 16 November 2020, kasus sembuh mencapai 84,2 persen dengan jumlah kasus aktif 12,72 persen.

Atas kondisi itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengklaim jumlah kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia sangat baik. Bahkan, melebihi rata-rata dunia.

“Kalau kita bandingkan angka kesembuhan di Indonesia 84,02 persen sedangkan kesembuhan dunia hanya 69,56 persen,” kata dia dalam rapat bersama Komisi IX DPR, Selasa (17/11/2020) seperti dilansir siberindo.co group radarkalbar.com. 

Terawan menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam menangani Covid-19. Mulai dari pengetesan, pelacakan hingga penelusuran. 

Pada bagian lain, Terawan juga ingatkan masyarakat agar tetap patuh protokol kesehatan, yaitu dengan mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. 

Berbagai upaya telah ditempuh untuk memerangi penyebaran virus ini dan kita harus terus meningkatkan upaya untuk dapat menghambat dan bahkan menghentikan penularan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Terawan juga menjelaskan kepada para anggota dewan bahwa obat-obat untuk merawat pasien Covid-19 telah diadakan dan didistribusikan ke seluruh dinas kesehatan tingkat provinsi dan 792 rumah sakit rujukan. 

“Kemenkes juga menerapkan relaksasi perizinan agar akses terhadap alat kesehatan makin mudah,” sambungnya. 

Terawan menambahkan, hingga 14 November 2020, produsen masker meningkat hingga 796,15 persen yang dari semula hanya 26 industri menjadi 233 industri. 

Kemenkes juga menjalin kemitraan dengan para pemangku kepentingan untuk pengembangan potensi dalam negeri dalam pemenuhan kebutuhan alat kesehatan lain, seperti rapid test dan ventilator. 

“Hasilnya sampai 14 November 2020 terdapat 14 produk rapid test dan 13 produk ventilator produksi dalam negeri,” demikian kata Terawan. (sam).

 

 

 

 

Sumber : siberindo.xo.