Buka Rakernas SMSI, Ini Pesan Wakil Ketua Dewan Pers

radarkalbar.com, BANTEN-Rapat kerja nasional (Rakernas) I, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) resmi dibuka, Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry CH Bangun, Sabtu (26/9/2020).

Rakernas yang berlangsung 26-27 September 2020 di Hotel Marbella Anyer, Banten ini, diikuti masing-masing 3 utusan dari pengurus provinsi se Indonesia.

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan rakernas tersebut, ditengah pandemi Covid-19. Dan tetap mematuhi  protokol kesehatan.

Handry juga memuji SMSI kelebihan organisasi ini telah berhasil menghimpun 1.224 perusahaan media online di 34 provinsi.

” Saya apresiasi SMSi yang telah melaksanakan rakernas ini. Sekarang banyak media yang mulai bangkrut, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Maka dari itu lewat rakernas ini diharapkan SMSI bisa mencari jalan keluar agar media online yang menjadi anggotanya bisa tetap bertahan bahkan bisa terus berkemban,” ungkapnya.

Saat rangkaian pembukaan rakernas berlangsung Menteri Kominfo RI, Jonny G Plate juga memberikan sambutan secara virtual. Demikian juga pembina SMSI Pusat, Aziz Syamsudin memberikan arahan dan ucapan yang sama melalui aplikasi zoom meeting.

Sementara, Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus menegaskan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan SMSI adalah dua lembaga yang saling melengkapi.

“Bagaimanapun PWI dan SMSI saling melengkapi, bagaikan dua sisi mata uang. Dan jangan sampai dihadap-hadapkan,” tegasnya.

Ditambahkan, kehadiran SMSI bukan untuk menjadi rival, melainkan untuk  saling mendukung keberadan PWI. Sebagaimana diketahui, PWI memiliki tugas untuk melaksanaan pendidikan dan pelatihan agar para wartawan bisa bekerja dengan profesional. Dan sedangkan SMSI bertugas unttuk menciptakan perusahaan media siber menjadi perusahaan yang sehat. Sehingga mampu memberikan kesejahteraan kepada para jurnalis yang profesional.

” SMSI harus bisa mengupayakan kesejahteraan orang-orang yang terlibat dalam perusahaan media. Dan sekarang SMSI sudah memiliki news room yang akan menjadi media  besar karena ditopang oleh ribuan perusahaan media. Maka akan memberikan keberhasilan,” ungkapnya.

Menurut Firdaus, ada beberapa program rioritas SMSI yakni membantu Dewan Pers untuk mendata masyarakat media siber, kemudian membantu verifikasi perusahaan media siber.

“Kedepan membuat struktur setiap kabupaten dan kota, supaya ada perwakilan SMSI pada daerah yang ada media siber,” imbuhnya.

Hadir saat pembukaan rakernas SMSI ini, diantara staff ahli Menkominfo Ri bidang hukum, Henri Subiakto, Bupati Musi Banyu Asin (Sumatera Selatan) Dodi Reza Alex Noerdin serta beberapa pengurus PWI dan undangan lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Tim liputan.

Editor      : Sery Tayan.