Polsek Siantan Bekuk TO Pelaku Curas

radarkalbar.com, JONGKAT- Enam bulan menjadi target operasi (TO) tim Reskrim Polsek Siantan, Mempawah. Akhirnya Zl seorang warga Gang Parwasal, terduga pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) pada sebuah toko kelontong di Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat, sukses dibekuk, dinihari tadi, Minggu (30/8/2020) pukul 00.30 WIB.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, melalui Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono menuturkan penangkapan terhadap Zl, terduga pelaku yang tergolong licin itu bermula,  pada Sabtu sore, keberadaannya baru terdeteksi petugas. Kemudian, Tim Reskrim Polsek Siantan di back up Tim Reskrim Polsek Pontianak Utara bergerak membekuk terduga. Saat dibekuk Zl tak melakukan perlawanan.

“Begitu dapat info keberadaan pelaku.  Tim Reskrim Polsek Siantan yang di-back up Tim Reskrim Polsek Pontianak Utara bergerak membekuk Zl. Saat dikepung petugas, Zl tak memberikan perlawanan. Ia langsung digiring ke Mapolsek Siantan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,”tuturnya.

Menurut Rahmad, selain mengamankan terduga, tim Reskrim Polsek Siantan juga mengamankan barang bukti pisau stainless steel panjang 30 cm dan sepeda motor Yamaha Mio J KB 4144 JK berwarna hitam. Dan ternyata telah diubah warna oleh Zl untuk menyamarkan tindak kejahatannya.

Dijelaskan, aksi terduga Zl sebelumnya, melakukan curas terhadap Ayu Aprilia, pemilik toko kelontong di Jalan Raya Wajok Hilir Km. 13 RT. 002/RW.003 Kecamatan Jongkat.

“Kejadiannya telah cukup lama, yakni pada Sabtu (29/2/2020) sekitar pukul 15.00 WIB. Modusnya, pelaku Zul ini berpura-pura membeli rokok. Begitu korban Ayu membuka laci meja untuk mencari uang kembalian, saat itu lah kalung emas dan uang dilaci dirampas pelaku sehingga korban dirugikan Rp 4,5 juta,” jelas dia.

Ayu tak berdaya, sebab saat beraksi dan untuk menakut-nakuti korban, pelaku Zl membawa sebilah pisau. Namun karena buru-buru saat berupaya kabur dari TKP, pisau yang dipegangnya terjatuh di depan toko. Lalu dengan sepeda motor, Zl sukses meninggalkan korban yang ketakutan.

“Setelah kejadian, korban Ayu Aprilia melapor ke Polsek Siantan. Berdasarkan ciri-ciri dan nomor plat motor, petugas kami menemukan satu nama pelaku, yang diduga kuat adalah Zl, warga Gang Parwasal ini,”cetusnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta/sumber : Polsek Siantan.

Editor/uploader : admin radarkalbar.com