Urbanus Imbau Masyarakat untuk Terpanggil Mendonorkan Darahnya

radarkalbar.com, SANGGAU – Sekretaris PMI Kabupaten Sanggau, Urbanus S Sos mengungkapkan untuk stock darah saat ini di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sanggau dalam kondisi kosong.

Sejatinya, untuk membantu masyarakat mengetahui jumlah stock darah di UDD PMI Kabupaten Sanggau tiap hari mengupdate stock darah yang tersedia melalui facebook (Fb) PMI Kabupaten Sanggau.

“Ya, stock darah semua golongan kosong. Kita meminta maaf kepada masyarakat atas kekosongan stock darah ini,” ungkapnya, Kamis (6/8/2020).

Menurut Urbanus, kekosongan tersebut kemungkinan ada kaitannya dengan pandemi Covid-19 yang belum mereda. Sehingga PMI Sanggau kesulitan dalam penyediaan darah secara maksimal.

“Kami PMI merasa kesulitan dalam penyediaan darah yang optimal di tengah kondisi Covid-19 ini. Padahal kami sangat ketat dalam penerapan protokol kesehatan, dan kami yang pertama menerapkan donor darah sukarela dengan protokol kesehatan ketat,”tegas pria yang terbilang cukup vocal ini.

Ditambahkan, guna untuk mengatasi kekurangan stock darah tersebut, pihaknya sudah mengambil langkah permintaan Donor Darah Sukarela (DDS) ke lembaga pemerintah dan perusahaan swasta

“Dominan sambutan mereka sangat baik, hanya saja ada juga lembaga swasta yang masih memikirkan situasi di masa Covid-19. Dan dapat kami jelaskan bahwa PMI dalam melaksanakan DDS lebih dulu menerapkan protokol kesehatan. Nah, bagi masyarakat juga lembaga manapun yang ingin berdonor darah jangan khawatir kami menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat,” paparnya.

Sementara, bagi keluarga pasien yang datang ke PMI, diharapkan dapat membawa kerabat dan keluarga untuk membantu mendonorkan darahnya.

“Jadi keluarga kerabat pasien sudah harus mengantisipasi kelangkaan stock darah di UDD PMI Sanggau,”jelasnya.

Disinggung berapa kebutuhan darah per bulan? Ia mengungkapkan sekitar 350 sampai 450 kantong darah. Jika tidak tercapai, bloodbank UDD PMI Sanggau akan mengalami defisit stock darah.

Untuk itu, Urbanus berharap masyarakat bersedia mendonorkan darahnya untuk membantu sesama yang membutuhkan.

“Kami memohon dan mengimbau kepada masyarakat yang sudah waktunya berdonor dipersilahkan datang ke PMI Sanggau untuk berdonor darah. Dengan berdonor darah, kita sehat jasmani dan rohani. Kemudian darah yang kita sumbangkan dapat menolong nyawa orang lain,” ungkapnya.

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Abin.

Editor : Sery Tayan.