Iptu Sagi : Kebakaran Ruko, Diduga Akibat Korsleting Listrik

radarkalbar.com-TAYAN HILIR- Arus pendek listrik atau korsleting listrik diduga pemicu terjadinya musibah kebakaran yang menghanguskan sebuah bangunan rumah toko (ruko) milik Maylidin (38) terletak di Jalan Pembangunan, Desa Kawat, Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Jum,at ( 27/3/2020) sekitar pukul 06:45 Wib.

Akibat musibah kebakaran itu, korban menderita kerugian mencapai Rp 200 juta rupiah. Api baru bisa dijinakkan sekitar pukul 09.00 Wib, setelah UPK Binsika, PT ICA, UPK Pulau Tayan, UPK Batang Tarang dan UPK lainnya dibantu masyarakat berjibaku memadamkan api tersebut.

Kapolres Sanggau AKBP Raymond M Masengi melalui Kapolsek Tayan Hilir Iptu Sagi SH menuturkan kronologis kejadian sekira pukul 06.45 Wib, petugas piket penjagaan Polsek Tayan Hilir menerima informasi adanya peristiwa kebakaran di Jalan Pembangunan (samping Kantor Pos & Giro Tayan Hilir).

Kemudian, anggota Polsek Tayan Hilir meluncur ke lokasi dan sesampainya di lokasi kebakaran api telah membakar bangunan ruko dua lantai tersebut.

Menurut Sagi, dari hasil keterangan korban selaku pemilik ruko yang terbakar itu, sumber api muncul dari arus listrik yang berada di kabel mesin sedot air, yang terletak di bagian depan rumah sebelah kiri.

” Pada saat itu pemilik rumah tidak mengatahui bahwa ada api yang di bqgian terminal tempat colokan kabel listrik tersebut. Dan sesaat kemudian korban melihat ada api yang sudah membesar di bagian dinding yang berlapis kayu pada rumah tersebut,” ungkapnya.

Menurut Sagi, saat terjadi musibah itu adapun Isi barang dalam bangunan ruko itu masing-masing tabung gas 5 kg sebanyak 13 tabung da 7 tabung berisi, tabung gas 3 kg sebanyak 115 tabung kosong. Kemudian tagung gas 12 kg sebanyak 7 tabung dalam keadaan kosong. Dan beberapa barang-barang lainnya termasuk mesin rumput satu unit warna merah dan satu unit mobil pick up Mitsubushi uncle.

Jadi tegas Sagi, hasil penyelidikan awal sumber api berasal dari kabel listrik yang berada di bagian kabel mesin sedot air. Sehingga mengakibatkan kebakaran rumah korban .

 

 

 

 

Pewarta : tim liputan.
Editor :@dmin.