Ini Dikatakan Kapolda Kalbar di Keraton Alwatzikhoebillah Sambas


Sambas (radar-kalbar.com)- Tarian dan atraksi pencak silat Melayu mengiringi penyambutan kedatangan Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH, Gubernur Kalbar Haji Sutarmidji SH M.Hum, Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab, Selasa, (16/7/2019) di halaman Keraton Alwatzikhoebillah, Kabupaten Sambas.

Kedatangan itu, dalam sulahturahmi bersama keluarga besar dan pengurus Keraton Alwatzikhoebillah.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH mengingat sejak Ia duduk di bangku SMA berkunjung ke Keraton Alwatzikhoebillah.

“Saya selalu teringat dengan meriam kecil yang tidak setiap orang mampu mengangkatnya, semua tergantung jodohnya,”ungkapnya.

Kapolda Kalbar mengaku haru atas sambutan Bupati dan Wakil bupati Sambas dan pengurus Keraton sangat luar biasa.

“Sambas adalah tempat kelahiran saya. Tapi, saya besar dan sekolah di Kota Singkawang. Sehingga di setiap kesempatan selalu disempatkan mampir ke Sambas,” jelasnya seraya mengenang masa kecilnya.

Dipaparkan, Keraton Alwatzikhoebillah mengawali Kota Sambas ini, dan saat ini hari jadi Kota Sambas yang ke-388 Tahun.

“Tapi kalau kita lihat pembangunan Sultan Van Sambas ini adalah Sultan dari Sambas. Bangunan keraton ini didirikan tahun 1933, jadi saat ini umurnya sudah 86 Tahun. Bangunan ini benar-benar sangat terawat, dengan kontruksi dari kayu belian yang sangat kuat. Jangan sekali-kali diubah, ini sangat kuat,” paparnya.

Sementara, Gubernur Kalbar H Sutarmidji sempat menyampaikan pantun
“mendengar syair hinggalah petaka, syair yang indah disebut gurindam. Kami datang bukan sembarang datang, datang bersama rombongan Kapolda dan Pangdam,”.

“Ada awal pastilah ada akhir, tapi semangat harus terap dikobar. Pileg dan Pilpres sudah berakhir, mari kita bersama membangun Kalbar,”.

Selain itu, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji menyampaikan untuk pemeliharaan keraton Alwatzikhoebillah akan ada tim yang memantau serta untuk penataan kawasan kraton tersebut.

“Insya Allah nanti ada tim yang melihat, untuk penataan kawasan ini, apa perencanaannya nanti kedepan kita tata dengan baik, terutama untuk plafon dan cat-cat nya,” ujar dia.

Rangkaian kegiatan itu dilakukan juga ritual tepung tawar.

Dan turut serta mendampingi Gubernur Kalbar, Pangdam XII/Tpr, Danlanud Supadio, Kabinda, Wadanlantamal XII Pontianak, Danrem 121/Abw, Direktur Intelkam Polda Kalbar, Kabid Humas Polda Kalbar.

 

 

 

 

sumber : Kepala Urusan Produk Kreatif Multi Media Humas Polda Kalimantan Barat, Ajun Komisaris Polisi Cucu Safiyudin S.Sos SH MH.

editor : admin/jonathan


Like it? Share with your friends!