Dominan Ruas Jalan di Wilayah Kabupaten Sanggau Sudah Fungsional

FOTO : Plt Kadis PUPR Kabupaten Sanggau, Aris Sudarsono [ist]

redaksi – radarkalbar.com

SANGGAU – Hingga saat ini, ruas jalan dengan kategori mantap di Kabupaten Sanggau baru berada pada level 40 persen.

Hal itu diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sanggau, Aris Sudarsono.

“Ruas jalan dengan kategori mantap di Kabupaten Sanggau baru 40 persen. Untuk itu, pada tahun 2024, ada 6 dari 7 proyek strategis daerah berupa peningkatan ruas jalan diharapkan mampu menaikan persentasenya,” ungkap Aris Sudarsono.

Menurut Aris, walaupun tahun sebelumnya ada beberapa paket. Namun karena keterbatasan dana, sehingga belum terealisasi sepenuhnya.

“Setiap tahun diperkirakan penambahan 2 persen berstatus mantap dari total panjang 1001,44 Kilometer,” terangnya.

Dijelaskan, sejauh ini, selain kategori mantap, ruas jalan Kabupaten Sanggau ada yang berkategori baik, sedang, rusak ringan, dan rusak berat. Dan yang terbanyak kategori rusak ringan.

“Rusak ringan itu bisa dilalui kendaraan, karena pengerasannya berupa kerikil dan tanah. Dan tidak bisa dikategorikan mantap. Dikategorikan mantap adalah yang aspal dan beton yang rigid. Makanya kemantapan kita ini 40 persen itu. Tapi secara fungsional, hampir 80 persen jalan kita berfungsi dengan baik,” jelasnya.

Sementara kata Aris, untuk kategori rusak berat, ada tiga lokasi yaitu di wilayah Ketori Kecamatan Jangkang, ruas jalan Kampung Baru Kecamatan Toba dan ruas jalan Suruh Tembawang, Kecamatan Entikong.

“Rusak berat itu digabung tak sampai 100 Kilometer. Walaupun rusak berat, secara fungsional waktu musim kemarau bisa dilewati. Kalau hujan hanya bisa dilewati dengan mobil tertentu,” pungkasnya. [SrY/r]