Lagi Lego Jangkar, Diterjang Angin Kencang KM Sempurna Jaya Tenggelam

FOTO : Tim gabungan sedang beristirahat menunggu situasi mereda dan kembali melaksanakan pencarian terhadap korban KM Sempurna 7 GT. 56 yang tenggelam [ist]

redaksi – radarkalbar.com

KUBU RAYA – Akibat cuaca buruk, pada Rabu (18/9/2024) sekitar pukul 04.00 WIB, sebuah Kapal Motor (KM) Karya Sampurna 7 GT. 56 tenggelam di perairan Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar.

KM Sampurna tenggelam pada pada titik koordinat 0°02’300″S – 109°06’800 BT perairan Sungai Kakap.

Kapolsek Sungai Kakap Ipda Dolas Zimmi Saputra Nainggolan, melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya Aiptu Ade Surdiansyah menjelaskan saat kejadian KM. Karya Sampurna 7 sedang  lego jangkar di perairan Sungai Kakap pada titik koordinat 0°02’300″S – 109°06’800.

Saat itu, sekitar pukul 04.30 WIB cuaca hujan lebat disertai gelombang tinggi menghantam lambung kapal bagian kiri dan kapal terbalik, pada saat itu diketahui jumlah ABK 15 orang.

“ABK selamat berjumlah 13 orang dan 2 belum diketemukan hingga pukul 08.00 WIB. Hujan lebat disertai gelombang tiba – tiba muncul dan menghantam lambung kapal, lalu kapal yang ditumpangi 15 orang tersebut terbalik dan tenggelam,” jelas Ade.

Ade menuturkan, sejumlah ABK tersebut baru bisa dievakuasi pada pukul 05:00 WIB oleh KM Teguh Harapan 2 yang dinahkodai oleh Yudi membantu evakuasi ABK KM Karya Sampurna 7.

“Dari evakuasi tersebut Asmadi (22 th) dan Samsudin (27th) masih belum ditemukan dan kemudian nahkoda melaporkan kejadian tersebut kepada petugas Pol AL Sungai Kakap dan Polsek Sungai Kakap,” tuturnya.

“Kami menerima laporan tersebut dan ABK yang diselamatkan oleh KM Teguh harapan dijemput oleh pengurus menggunakan perahu nelayan masyarakat sungai kakap dan pada pukul 11.20 WIB, para ABK tiba di Posal Sungai Kakap,” jelasnya.

Ade mengatakan saat ini tim gabungan telah melakukan pencarian sedangkan ABK yang selamat diarahkan ke Puskesmas untuk mendapat pemeriksaan dan perawatan.

“Kami mengimbau mengingat cuaca ekstrim dalam beberapa hari ini untuk pengguna lalu lintas air agar berkordinasi dengan Syahbandar untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan,”imbaunya. [r**]