PUPR Alokasikan SPAM di 42 Lokasi

FOTO : Plt Kadis PUPR Kabupaten Sanggau, Aris Sudarsono [ist]

redaksi – radarkalbar.com

SANGGAU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) pada APBD Tahun Anggaran (TA) 2024 mengalokasikan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) pedesaan pada 42 lokasi.

“Pada APBD 2024, PUPR mengalokasikan dana pada 42 lokasi, untuk pembangunan SPAM,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Sanggau, Aris Sudarsono, Selasa (13/8/2024).

Ia menambahkan program SPAM pedesaan di Kabupaten Sanggau merupakan salah satu standar pelayanan minimal, yang merupakan indikator kinerja pemerintah dalam memberikan ketersediaan air bersih atau air minum kepada masyarakat.

“Program ini merupakan indikator dalam penanganan stunting sebagai intervensi sensitif dan termasuk indeks desa membangun atau IDM serta aspek yang menentukan tingkat kekumuhan perumahan dan kawasan pemukiman,” ungkapnya.

Ditambahkan, hingga saat ini pemerintah terus berupaya untuk melakukan pemenuhan ketersediaan air minum atau air bersih kepada masyarakat di Kabupaten Sanggau.

“Untuk 42 titik lokasi ini meliputi pengerjaan pembangunan, perluasan dan perbaikan baik itu SPAM perpipaan maupun non perpipaan,” imbuhnya.

Aris Sudarsono menambahkan, program SPAM pedesaan di Kabupaten Sanggau ini akan dilakukan secara berkelanjutan setiap tahun.

Sebab, hingga kini tercatat capaiannya baru 51,02 persen. Untuk itu, masyarakat juga diimbau agar tetap menjaga lingkungan sumber air bersih yang digunakan tersebut.

“Jadi, dengan adanya program SPAM tahun 2024 yang dilaksanakan di 42 titik lokasi ini. Maka diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat dengan capaian pelayanan air bersih dapat menjangkau minimal 80 persen,”pungkasnya.[SrY]