Satgas Saber Pungli UPP Sanggau Gelar Sosialisasi di Kecamatan Parindu

FOTO : Ketua UPP Saber Pungli Sanggau, Kompol Yapet Efraim Patabang saat melaksanakan sosialisai di Puskesmas Parindu [ist]

Basilius Tera – radarkalbar.com

SANGGAU – Satgas Saber Pungli UPP Kabupaten Sanggau kembali melaksanakan sosialisasi terhadap pelayanan publik.

Setelah di Kecamatan Mukok, kali ini di wilayah Kecamatan Parindu pada Kamis (1/8/2024).

Sosialisasi ini dipimpin Ketua UPP Saber Pungli Kabupaten Sanggau yang juga merupakan Waka Polres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang.

Tampak hadir mendampingi Wakil Ketua 1 diwakili Edward Sianturi, dari Inspektorat Kabupaten Sanggau, Kaposko UPP Saber Pungli Kabupaten Sanggau yang juga merupakan Kasiwas Polres Sanggau Iptu Matias Yulian berserta sekretaris Posko Bripka Henra Hutasoit, dan anggota UPP saber pungli.

“UPP Saber Pungli ini dibentuk dengan dasar Perpres Nomor 87 Tahun 2016. Dan tujuannya UPP Saber Pungli untuk memberantas semua perbuatan yang merupakan pungutan liar, terutama di beberapa tempat pelayanan yang ada di Indonesia khususnya, seperti Kabupaten Sanggau ini,” ungkap Kompol Yapet Efraim Patabang.

Oleh karena itu kata dia, pihaknya mengajak kepada seluruh pegawai yang ada di lingkungan Kecamatan Parindu. Dan tak terkecuali di lingkungan Puskesmas Parindu untuk menghindari perbuatan pungutan liar. Karena berdasarkan UU, pungli itu masuk dalam tindakan korupsi.

“Perbuatan itu, dapat merugikan masyarakat, yang membutuhkan pelayanan. Dan jika perbuatan tersebut sampai menimbulkan laporan kepada pihak berwenang maka tentu akan merugikan pegawai itu sendiri,” jelasnya.

Sementara, Wakil Ketua 1 yang diwakili Edward Sianturi menambahkan tujuan sosialiasi Saber pungli agar para pegawai khususnya yang ada di lingkungan Kecamatan Parindu dan Puskesmas Parindu bisa memahami tentang mana yang merupakan perbuatan pungli. Kemudian, untuk mengingatkan kepada para pegawai supaya tidak terjerumus dalam perbuatan pungli tersebut.

Selain itu kepada Pak Camat Parindu dan Kepala Puskesmas Parindu agar melengkapi ruang informasi dengan petunjuk-petunjuk, antara lain alur pelayanan, harga pelayanan dan petunjuk lainnya yang diperlukan.

Hal ini untuk mempermudah bagi masyarakat yang datang berkunjung dan meminta palayan kepada petugas.

Saat itu, tim juga melakukan pengecekan dan wawancara kepada pengunjung yang membutuhkan pelayanan, baik di tempat pelayanan publik, di Kantor Camat Parindu maupun Puskesmas Parindu.

Kemudian, tim saber pungli juga melaksanakan observasi dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.